Sosialisasi Kegiatan POSBINDU Desa Karaban

Kamis, 25 Februari 2021 bertempat di Aula Balai Desa  Karaban , diadakan kegiatan POSBINDU dan POSYANDU. Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu. Posbindu PTM merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor risiko PTM Utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin, dan periodik. Faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) meliputi merokok, konsumsi minuman beralkohol, pola makan tidak sehat, kurang aktifitas fisik, obesitas, stres, hipertensi, hiperglikemi, hiperkolesterol serta menindak lanjuti secara dini faktor risiko yang ditemukan melalui konseling kesehatan dan segera merujuk ke fasilitas pelayanan kesehatan dasar. Bagi masyarakat yang ingin mengikuti kegiatan ini bias dating ke Balaidesa Karaban per tanggal 15 setiap bulanya. Oh iya, Koordinator dari kegiatan ini adalah Ibu Jasmi. Jadi untuk yang ingin gabung atau bertanya Tanya bisa langsung contak ibu Jasmi (085290691053).

 

Kegiatan Utama Posbindu PTM

Pos Binaan Terpadu (POSBINDU) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu.

 

  1. Deteksi dini factor risiko dan monitoring
  2. Konseling dan rujukan
  3. Aktifitas bersama ( senam, jalan sehat, bersepeda dll)

 

Adapun jenis kegiatan Posbindu PTM meliputi :

  1. Melakukan wawancara untuk menggali informasif aktorresiko keturunan dan perilaku;
  2. Melakukan penimbangan dan mengukur lingkar perut, serta Indeks Massa Tubuh termasuk analisa lemak tubuh;
  3. Melakukan pengukuran tekanan darah;
  4. Melakukan pemeriksaan gula darah;
  5. Melakukan pengukuran kadar lemak darah (kolesterol total dan trigliserida);
  6. Melakukan pemeriksaan fungsi paru sederhana (Peakflowmeter);
  7. Pemeriksaan IVA (Inspeksi Visual Asetat) oleh tenaga dokter dan bidan terlatih di puskesmas;
  8. Melaksanakan konseling (diet, merokok, stress, aktifitas fisik dan lain-lain) dan penyuluhan kelompok termasuk sarasehan;
  9. Melakukan olah raga/aktifitas fisik bersama dan kegiatan lainnya;
  10. Melakukan rujukan kePuskesmas.
About karaban 34 Articles
karaban.sideka.id

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan