Antusiasme Vaksinasi Upaya Pencegahan Penyebaran Virus C-19

KARABAN, 14 Maret 2021.  Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskemas) bekerjasama dengan Pemerintah desa Karaban menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal bagi kelompok lanjut usia (lansia) yang dilaksanakan di Balaidesa karaban. Kepala PUSKESMAS GABUS II Ibu Nur Jannah mengatakan, vaksinasi dilakukan di Balaidesa karaban. “Ini (vaksinasi massal) dimulai Kamis 11 Maret 2021, . Hari ini hari empat  Insya Allah akan berlangsung sampai target kita tercapai yaitu 300 Lansia,” kata Ibu Nur dalam keterangan tertulis, Sabtu (13/3/2021). Sejauh ini, kata dia, sekitar 50% dari target lansia yang disuntik vaksin. “Sekitar  50 persen dari target Lansia yang divaksinasi,” ujarnya. Lebih lanjut Ibu Nur mengatakan,

Vaksinasi ini selain untuk pencegahan penyebaran virus C-19 juga untuk menambah kekebalan tubuh/imun lansia. Bapak kades karaban, Kusnan juga mengatakan “ Kami pemerintahan desa Karaban mengharapkan keikutsertaan lansia masyarakat desa Karaban khususnya untuk mengikuti anjuran pemerintah yaitu program vaksinasi khusus lansia ini, vaksinasi ini aman tidak ada indikasi gejala apapun kedepanya karena sudah bersertifikasi halal, terlepas dari itu kegiatan ini tidak dipungut biaya apapun cukup membawa KTP saja untuk pendataan”.

Mengutip dari laman surat kabar resmi berikut berbagai manfaat yang akan di dapat setelah suntik vaksin:

  1. Menciptakan respons antibodi

Manfaat vaksin COVID-19 yang pertama adalah menciptakan respon antibodi untuk sistem kekebalan tubuh. Saat disuntik vaksin, sel B akan menempel pada permukaan virus Corona yang sudah dimatikan dan mencari fragmen yang cocok. Sel T membantu mencocokkan fragmen dengan sel B. Jika ada yang cocok, sel B akan berkembang biak dan menghasilkan antibodi untuk kekebalan tubuh.

  1. Mencegah terkena virus COVID-19

Manfaat vaksin COVID-19 lainnya adalah mencegah virus masuk ke dalam tubuh. Suntikan vaksin akan merangsang sel tubuh manusia, terutama sel B yang memproduksi imunoglobulin. Akibatnya, tubuh individu akan kebal pada SARS-CoV-2.

  1. Menghentikan virus

Manfaat vaksin COVID-19 berikutnya adalah menghentikan virus menyebar ke seluruh tubuh. Vaksin akan merangsang imun tubuh yang dihasilkan oleh sel B dan menghentikan virus COVID-19 masuk ke dalam tubuh.

  1. Melindungi orang-orang di sekitar kita

Jika kita menerima vaksin, otomatis tubuh akan terlindungi dari serangan virus COVID-19. Hal ini menjadi manfaat vaksin COVID-19 yang membantu mengurangi penyebaran Corona untuk melindungi orang-orang di sekitar.

About karaban 34 Articles
karaban.sideka.id

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan