Desa Karaban Kecamatan Gabus Gelar Sosialisasi dan Bimtek Pendataan SDGs Desa 2021

Jumat, 7 Mei 2021. Bertempat di Aula Balaidesa Karaban Kecamatan Gabus Kabupaten Pati dilaksanakan kegiatan Sosialisasi SDGS Desa Tahun 2021.

Di Desa Karaban Kecamatan Gabus, pemerintah desa setempat gelar sosialisasi bimbingan teknis (bimtek) pemutahiran data Desa berbasis SDGs, dengan menghadirkan para Kader.Kegiatan ini dihadiri oleh Pendamping Desa  dengan dihadiri oleh relawan enumerator pemutakhiran SDGS.
Sustainable Development Goals disingkat SDGs di tingkat desa bertujuan untuk mewujudkan desa tanpa kemiskinan dan kelaparan, desa ekonomi tumbuh merata, desa peduli kesehatan, desa peduli lingkungan, desa peduli pendidikan, desa ramah perempuan, desa berjejaring, dan desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan.

SDGs Desa merupakan tujuan pembangunan berkelanjutan yang akan masuk dalam program prioritas penggunaan Dana Desa Tahun 2021. SDGs Desa merupakan turunan dari Peraturan Presiden Nomor 59 Tahun 2017 tentang pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan nasional berkelanjutan atau SDGs Nasional. Serta merujuk dari Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2020. Agar SDGs Nasional bisa terwujud, kemudian diturunkan SDGs Nasional menjadi SDGs Desa. SDGs Desa diharapkan sebagai acuan untuk pembangunan desa tahun 2020-2024.

Dalam kesempatan berbeda Kepala Desa Karaban, Kusnan. “Saya mendukung penuh kegiatan SDGs ini. Saya beerharap kepada relawan untuk pendataan dilakukan dengan sungguh sungguh supaya data yang dihasilkan bisa sesuai dengan kondisi warga yang saat ini” Pungkasnya.

About karaban 39 Articles
karaban.sideka.id

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan