Program POSBINDU Sekaligus Upaya Vaksinasi C-19 Di Desa Karaban

Pos Binaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (POSBINDU-PTM) adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko PTM terintegrasi (Penyakit jantung ,diabetes, penyakit paru,asma,dan kanker) serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan yang melibatkan peran serta masyarakat deteksi dini, pemantauan dan tindak lanjut dini factor resiko penyakit tidak menular secara mandiri dan berkesinambungan.

POSBINDU ini dikatakan sebagai kegiatan UKBM (Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat). Manfaat dan tujuan dari posbindu ini umumnya lebih meningkatkan kesejahteraan hidup bagi mereka yang sudah berumur, termasuk juga lansia dan lebih dikedepankan terhadap control PTM.

Di Desa Karaban sendiri untuk kegiatan POSBINDU dilakukan 1kali dalam satu bulan. Program tersebut di komandoi oleh Bu Bayan Jasmi berserta perangkat Desa Karaban yang bersinergi dengan UPTD PUSKESMAS GABUS II. Mengenai Tempat selain di Balai desa pelaksanaan kegiatan tidak ada ketetapan mengikat, biasanya dari tim Posbindu menyasar ke tempat yang lansia nya lebih banyak.

Selain program POSBINDU di kesempatan yang sama di lakukan kegiatan Vaksinasi C-19 untuk Lansia yang berumur 50 tahun keatas. Program tersebut sebagai respek dari DKK No.440/1435/2021 tentang pelasanaan Vaksinasi C-19 pada kelompok sasaran Lansia. Upaya ini dilakukan guna mencegah penyebaran terhadap virus C-19 selain himbauan untuk selalu menerapkan prokes dan menjaga pola hidup sehat.

About karaban 32 Articles
karaban.sideka.id

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan