Barikan, Tradisi Lokal Penangkal Bencana

Pati, Gabus , Karaban, Mahasiswa KKN-IK IAIN KUDUS 2021 ikut serta dalam pelaksanaan “TRADISI BARIKAN” Di Desa Karaban Kamis (09/09/2021)

Tradisi atau kebiasaan (Latintraditio, “diteruskan”) adalah sebuah bentuk perbuatan yang dilakukan berulang-ulang dengan cara yang sama. Sedangkan Barikan  merupakan tradisi yang sudah dilakukan oleh masyarakat jawa secara turun temurun. Barikan dilaksanakan malam Jum’at Wage (perhitungan Jawa).

waktu sudah menunjukan Pukul 17.00, beberapa warga Desa Karaban berbondong bondong menuju pertegian atau perempatan jalan seraya membawa nasi kulup yang dilengkapi dengan telur ayam jawa dan beberapa gorengan dari kedelai. Kulup sendiri merupakan hasil bumi, dimana ada 7 macam sayuran yang diolah menjadi kulup. Selain nasi kulup yang harus ada adalah Kendi yang diisi dengan air ditamabah beberapa macam bunga.

Acara dipimpin oleh seorang santri atau sesorang  yang paham mengenai agama, karena pasalnya Barikan ini berisi Doa-doa meminta keselamatan dan dijauhkan dari Sangka kala. Diakhir acara kendi yang tadi berisi beberapa bunga dipecahkan dijalan. Dan warga Makan bersama-sama

Tradisi Barikan di Desa Karaban , kecamatan Gabus memiliki arti tersendiri bagi warga Desa Karaban khususnya, menurut mereka tradisi barikan adalah sebagai bentuk wujud syukur dan meminta keselamatan agar terhindar dari musibah/sangka kala  kepada tuhanTuhan.

About karaban 28 Articles
karaban.sideka.id

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan