Sedekah Bumi Desa Karaban Tahun 2023

  • Jun 18, 2023
  • KARABAN-GABUS
Lokasi Kegiatan: Desa Karaban
Tanggal Kegiatan: Jun 17, 2023 s/d Jun 20, 2023

Rangkaian acara sedekah bumi Desa Karaban 2023

Upacara Sedekah Bumi merupakan salah satu upacara adat berupa prosesi seserahan hasil bumi dari masyarakat kepada alam yang dilakukan di bulan apit pada penanggalan Jawa. Upacara ini biasanya ditandai dengan pesta rakyat dan kenduren yang diadakan di balai desa atau di lahan pertanian maupun tempat-tempat yang dianggap sakral oleh masyarakat desa. Upacara ini sudah berlangsung turun termurun dari nenek moyang kita, dan berkembang di Pulau Jawa, terutama di wilayah yang kuat akan budaya agraris seperti yang ada pada masyarakat Pati dan sekitarnya.

Melalui tradisi ini warga berharap agar diberi banyak limpahan rezeki dan dijauhkan dari bahaya oleh Allah Yang Maha Kuasa. Sedekah bumi atau apitan juga dilakukan untuk mempererat persaudaraan antar warga. Selain itu sedekah bumi juga bertujuan meneruskan atau melestarikan budaya Jawa. Di desa desa yang ada di Kabupaten Pati, setiap tahunnya biasa mengadakan kegiatan tradisional tersebut dengan hiburan wayang kulit ataupun petas ketoprak siang dan malam.

Untuk Desa Karaban Kecamatan Gabus akan diadakan serangkaian acara yaitu mulai tanggal 17 Juni 2023 -20 Juni 2023. Dalam pagelaran wayang akan mendatang dagelan kondang dari Jawa Tengah sendiri yaitu Ketoprak Agung Budoyo dan dalang Ki Dalang Karan.