MASYARAKAT DESA KARABAN MEMPERINGATI MAULID NABI MUHAMMAD SAW BERSAMA GUS HUDA SULAIMAN KAJEN

  • Oct 16, 2023
  • KARABAN-GABUS
  • AGENDA KEGIATAN

Oleh   : Mohamad Khomarudin
Editor : Mr. Plan

12 Oktober  2023

 

KARABAN - Maulid Nabi atau Maulud Nabi Muhammad SAW adalah peringatan hari lahir Nabi Muhammad SAW. Menurut tradisi Sunni jatuh pada 12 Rabiulawal dalam penanggalan Hijriyah. Kata maulid atau milad dalam Bahasa Arab berarti hari lahir. Perayaan Maulid Nabi merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam jauh setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Secara substansi, peringatan ini adalah ekspresi kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW.

Masyarakat muslim di Indonesia umumnya merayakan maulid ini dengan pembacaan kitab Al-Barzanji, atau dalam bentuk pengajian. Dalam penanggalan masyarakat Jawa bulan Rabiulawal disebut bulan Mulud. Dalam kebudayaan Jawa untuk memperingati hal ini dilakukan Grebek Maulud baik di Keraton Kasunanan Surakarta dan Keraton Kasultanan Yogyakarta. Dengan membuat gunungan yang berisi hasil bumi diarak kemudian dibagikan kepada masyakat. Iringan gamelan juga dilakukan oleh abdi dalem yang dikenal dengan Miyos Gongso.

Di Desa Karaban perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dilakukan dengan pembacaan kitab Al-Barzanji. Mulai dari tanggal 1 Rabiulawal sampai 12 Rabiulawal. Kitab ini berisi puji-pujian untuk Nabi Muhammad SAW, bertutur tentang kehidupan Nabi Muhammad SAW yakni silsilah keturunannya, masa kanak-kanak, remaja, dewasa, hingga diangkat menjadi rasul. Di dalamnya juga mengisahkan sifat-sifat mulia yang dimiliki Nabi Muhammad SAW serta berbagai peristiwa untuk dijadikan teladan umut Islam.

Dalam perayaan ini masyarakat yang merupakan jamaah mushola atau masjid biasanya membawa berbagai makanan dan minuman yang kemudian dibagikan secara merata kepada peserta yang hadir. Makna dari tradisi ini adalah untuk menjaga kerukunan antarjamaah dan sikap saling berbagi diantara masyarakat.  Kegiatan ini di laksanakan di Balaiadesa Karaban dan hadiri oleh elemen masyarakat Desa Karaban bersama Pemerintah Desa Karaban dan turut mengundang pula Gus Huda Sulaiman dan Habib Ali Ridho Baharun pada tanggal 10 Oktober 2023 malam.

 

 

Kata kunci : Maulid Nabi Muhammad SAW, Kitab Al-Barzanji, Masjid Baitush Shobirin