Sedekah Bumi Desa Karaban 2024

  • Jun 22, 2024
  • KARABAN-GABUS
  • AGENDA KEGIATAN

Sedekah bumi adalah suatu upacara adat yang melambangkan rasa syukur kepada Tuhan yang telah memberikan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi. Upacara ini sebenarnya sangat Populer di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Begitu pula halnya masyarakat Desa Karaban salah satu desa yang terletak di kecamatan Gabus, kabupaten Pati sudah sedari dulu melestarikan salah satu kearifan lokal ini.

Waktu pelaksanaan Sedekah Bumi di Desa Karaban dilaksanakan pada hari Sabtu 01 Juni 2024. Tradisi ini dilaksanakan di punden  yang ada di Desa Karaban. 

Tradisi Sedekah Bumi yang digelar di balai Punden akan ditutup dengan pertunjukan seni Ketoprak Agung Budoyo. Tradisi Sedekah bumi ini merupakan bukti bahwa budaya jawa dan ajaran islam dapat berjalan beriringan tanpa menghilangkan salah satu dari keduanya. Tradisi ini mengajarkan nilai kebersamaan, ungkapan rasa syukur serta kepedulian terhadap lingkungan. Tradisi ini juga dapat menjadi ladang rejeki bagi para pedagang kaki lima. Dimana mereka semua bisa berjualan di sekitar tempat pertunjukan ketoprak.

Namun di era yang begitu modern ini gempuran budaya asing sangat luar biasa, menghadirkan tantangan tersendiri bagi masyarakat desa untuk dapat melestarikan tradisi ini. Diharapkan usaha bersama dari masyarakat lokal, pemerintah, dan semua pihak yang terlibat, tradisi ini akan terus hidup dan lestari sampai generasi masa depan.(han)