Sinergitas Penanganan Stunting Di Desa Karaban

  • Nov 10, 2023
  • KARABAN-GABUS
  • KESEHATAN

Bertempat di Balai Desa Karaban Kecamatan Gabus diadakannya sosialisasi Pencegahan Penurunan Stunting yang dibuka langsung oleh Ny. Ida Sumarsono Hadi wakil ketua 1 Kabupaten Pati. Selaku pelaksana kegiatan hadir pula Kepala Puskesmas Gabus II Siti  Nurjanah. Dalam kesempatan ini pula bp. Suranta selaku Camat Gabus juga hadir dan memastikan kegiatan ini berlangsung dengan lancar.

Gizi ibu yang baik dapat membantu memastikan bayi sehat sejak lahir dan mencegah berat badan lahir rendah dan stunting. Selain itu, pemberian Makanan Pendamping ASI yang tepat dan sesuai rekomendasi dapat membantu mencegah stunting, serta memperkenalkan kebiasaan makan sehat. 

Kusnan, selaku kepala Desa Karaban dalam sambutanya, saya sangat mendukung penuh segala kegiatan untuk menunjang penanganan stunting di Desa Karaban. Kalua ada kebutuhan dana nanti bisa di koordinasikan dengan pihak desa terkait kebutuhan untuk penanganan stunting di Desa Karaban ini. Harapan saya semoga stunting di Desa Karaban tercinta ini bisa menurun, sehingga regenerasi kedepan itu gagah gagah tanpa stunting. Imbuhnya.

Kepala Puskesmas Gabus II mengucapkan terima kasih kepada kader penanganan stunting dan semua pihak yang telah membantu Puskesmas Gabus II menjadi ujung tombak dalam penanganan stunting di wilayah layanan Puskesmas Gabus II, utamanya yang ada di Desa Karaban.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan peserta tentang Stunting dan penyebab gejalanya, meningkatkan pengetahuan peserta tentang resiko tinggi dan pengenalan tanda kelahiran pada kehamilan. Stunting sendiri sebenarnya merupakan keadaan berhentinya pertumbuhan pada anak. Penyebab utama stunting adalah kekurangan gizi pada waktu yang cukup lama. Pemberhentian pertumbuhan meliputi pertumbuhan tubuh dan otak. Stunting menyebabkan anak memiliki tinggi badan yang lebih pendek dibandingkan anak-anak lain yang seusia dengannya. Stunting juga menyebabkan keterlambatan perkembangan cara berpikir.

Stunting sebenarnya masih dapat dicegah jika orang tua mengambil langkah-langkah penting dalam dua tahun pertama kehidupan seorang anak. Jika anak tidak mendapatkan makanan dan perawatan yang tepat selama waktu khusus itu, efeknya bisa sangat berbahaya. Hampir setengah dari kematian anak di seluruh dunia terkait dengan kondisi ini.