KARANG TARUNA NGUDI RAHAYU PENGGERAK SEMANGAT PERAYAAN HUT KE-78 KEMERDEKAAN RI DI DESA KARABAN

  • Sep 01, 2023
  • KARABAN-GABUS
  • BERITA, AGENDA KEGIATAN

28 Agustus 2023

Oleh : Mohamad Khomarudin

 

KARABAN – Kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Kemerdekaan Indonesia diperoleh dengan cara yang tidak mudah. Kemerdekaan Indonesia diperoleh dengan perjuangan tumpah darah para pahlawan dan para pendiri bangsa (founding fathers) Indonesia. Indonesia merdeka secara De Facto dan De Jure pada tanggal 17 Agustus 1945. Hari bersejarah tersebut ditandai ketika Presiden pertama Republik Indonesia Ir. Soekarno membacakan proklamasi kemerdekaan Indonesia di Jalan Pegangsaan Timur Nomor 56 Jakarta Pusat.

Setiap tanggal 17 Agustus dirayakan oleh semua Warga Negara Indonesia sampai ke pelosok negeri sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia. Bulan Agustus Tahun 2023 ini memasuki 78 Indonesia merdeka. Warga Desa Karaban juga merayakan HUT kemerdekaan ini. Karang Taruna Ngudi Rahayu Desa Karaban bersama Pemerintah Desa Karaban menjadi motor penggerak peringatan kemerdekaan Republik Indonesia di Desa Karaban.

Peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Desa Karaban dilakukan dengan serangkaian acara. Pada tanggal 20 Agustus 2023 pukul 15.00 WIB dilakukan lomba penerbangan layang-layang. Peserta lomba dari masyarakat Desa Karaban dan dari sekitar Desa Karaban. Lomba ini merupakan ajang kreativitas masyarakat untuk medesign layang-layang kemudian diterbangkan di lapangan Desa Karaban. Peserta lomba tercatat 15 team atau perorangan. Lomba berlangsung lancar,  tertib, dan antusias.

Pada tanggal 25 Agustus 2023 pukul 15.30 WIB dilakukan pertandingan sepak bola waria melawan Karang Taruna dan masyarakat Desa Karaban. Tujuan dari acara ini untuk menyemarakkan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia sekaligus memberikan hiburan bagi masyarakar Desa Karaban. Acara berlangsung sampai pukul 17.30 dan berlangsung dengan tertib dan lancar. Masyarakat Desa Karaban juga turut gembira bersorak sorai.

Acara terakhir pada 26 Agustus 2023. Pada hari Sabtu ini acara perayaan kemerdekaan Republik Indonesia dimulai dari pukul 06.30 sampai pukul 23.00 WIB. Pada pagi hari acara dimulai dengan senam Bersama di lapangan bola Desa Karaban. Peserta senam dari Ibu-Ibu warga Desa Karaban, SD kompleks Desa Karaban, SMP NU Desa Karaban, dan TK di Desa Karaban. Setelah senam bersama dilanjutkan dengan acara jalan santai dengan rute di Desa Karaban. Peserta jalan santai dari TK yang ada di Desa Karaban, SD kompleks Karaban, SMP NU, dan masyarakat Desa Karaban. Donor darah dilakukan di TK Negeri Desa Karaban. Acara dilanjutkan dengan lomba Ibu-Ibu berupa lomba stop dancing, lomba kugeruk. Pada siang hari dilakukan lomba anak-anak berupa lomba tahan tawa, estafet karet, lomba balap sarung, lomba balap karung, lomba estafet kardus. Pada Sore hari dan malam hari dilakuan pentas seni dari seluruh sekolah formal dan informal di Desa Karaban, serta masyarakat Desa Karaban. Juga pengumuman pemenang lomba. Acara penutup hiburan angklung Karang Taruna Desa Karaban. Acara berlangsung secara lancar, tertib dan antusias.

 

Kata kunci : HUT Kemerdekaan RI ke-78, Karang Taruna Ngudi Rahayu, lomba

Editor: Mr. P